CYBER SECURITY PADA PERKEMBANGAN ERA DIGITAL 

    M Hafidz Musriannur (1303173007)

https://hafidzmusriannur@student.telkomuniversity.ac.id

                                                           

Cyber security merupakan teknologi, proses serta praktik yang dirancang untuk melindungi jaringan, computer, program serta data dari serangan, kerusakan atau akses yang tidak sah. Cyber security dapat disebut sebagai upaya untuk melindungi informasi dari adanya serangan cyber. Serangan cyber dalam operasi informasi ialah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan, integritas, ketersediaan, informasi.

Semua perusahaan yang bertransformasi dari data berbasis digital sangat dianjurkan untuk memperhatikan dan menggunakan cyber security dalam menyimpan

, mengakses serta mengambil informasi penting. Melindungi informasi dan data merupakan kebutuhan sebagian besar perusahaan dan instansi pemerintah diseluruh dunia karena data merupakan asset terpenting dan bisa menjadi masalah besar apabila data  tersebut jatuh ketangan yang salah.



Sumber : https://www.gamelab.id/news/124-mengenal-lebih-dalam-apa-itu-cyber-security

MACAM-MACAM KEJAHATAN CYBER YANG TERDAPAT PADA ERA DIGITAL

-          DDOS( Denial of service )

Serangan yang merusak jaringan, memanipulasi system, dan aplikasi. Ketika system terkena serangan cyber yang tergolong dalam kategori DDOS, maka kinerja nya akan menjadi sangat berat serta menguras daya.



Sumber : https://www.niagahoster.co.id/blog/ddos-adalah/

 

-          SCAREWARE

Merupakan peringatan keamanan palsu / False alarm yang salah satu tipuannya banyak digunakna untuk mengecoh pengguna yang awam. Ketika pengguna berhasil terjebak, maka pengguna tersebut akan diarahkan untuk melakukan suatu tindakan yang akan merugikan korban.



Sumber : http://www.scamwatch.uk/articles/scareware-and-ransomware-do-you-know-difference

 

-          BOTNETS

Ung Akan menyerang perangkat computer yang terhubung kejaringan yang menjadi pusat, pelaku akan mencuri data secara terus menerus dan suatu ketika tidak akan pernah terdeteksi oleh system



Sumber : https://www.cloudflare.com/learning/ddos/what-is-a-ddos-botnet/

 

-          Malware dan virus

Serangan biasa yagn berawal dari email, website, aplikasi yang terhubung pada piranti sitem. Virus ini kemudian akan meruska data yang memang telah menjadi target.



Sumber : https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-malware-penyebab-dan-mengatasinya/

 

ISTILAH CYBER YANG TELAH DITERAPKAN DIINDONESIA

-          Cyber law

Aspek hukumyang ruang lingkup nya meliputi setiap aspek yang berhubungan dengan individual atau subjek hukum dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet yang dimulai ketika mengakses dunia maya

 

-          Cyber security

Merupakan teknologi, proses dan praktik yang dirancang untuk melindungi jaringan, computer, program data.

 

-          Cyber crime

aktivitas kejahatan dengan computer atau jaringan computer menjadi alat, sasaram atau tempat terjadinya kejahatan dunia maya.

 

-          Cyber war

Perang yang terjadi didalam dunia maya, perang berikut bersenjatai internet dan juga computer, aktivitas yang terjadi pada perang siber ini pada umumnya adalah kegiatan hacking dan anti-hacking yang dilakukan secara resmi oleh Negara.

 

MANFAAT CYBER SECURTY

            Pentingnya cyber security yaitu antara lain untuk mencegah penyalah gunaan akses maupun pemanfaatan data dalam system  teknologi informasi dari seseorang yang tidak memiliki hak untuk mengakses maupun memanfaatkan data dalam system tersebut. Disamping itu juga dengan adanya cyber security, reputasi dari suatu perusahaan tetap terjaga, khususnya yang berhubungan dengan pihak pengguna jasa.

 

REVIEW VIDEO

M Hafidz Musriannur ( 1303173007 ) IT-41-GAB


Link video : https://www.youtube.com/watch?v=on742mcT4jo

Setiap yang bersangkutan dengan system, pasti selalu ada celah yang bisa diexploit dan selalu ada pihak-pihak tertentu yang menargetkan system tersebut demi kepentingan pribadi atau pun kelompok. Keamanan jaringan diibaratkan sebuah rumah, semakin besar rumah tersebut semakin besar pula keinginan pihak tak bertanggung jawab tersebut untuk melakukan break in dan mengexploit seisi dalam nya.Awalnya internet dikembangkan hanya untuk kepentingan organisasi suatu instansi untuk melakukan pertukaran data antar perangkat sebelum akhirnya “meledak” dan terpublikasikan. Pada era saat ini orang-orang tidak hanya menggunakan internet untuk melakukan pertukaran data tetapi juga untuk bermain game, sosialisasi, bisnis, tetapi hal tersebut memiliki resiko yang setara, keamanan. Pihak tak bertanggung jawab membuat sesuatu yang dapat mengganggu keamanan para pengguna eletronik yang terhubung ke jaringan yang sama, kerawanan seperti ini tidak akan pernah hilang selama internet masih exist.

Server yang ketat menjaga kestabilitas data untuk suatu organisasi maupun individu, hal ini di terjunkannya cyber security yang bertanggung jawab atas perlindungan setiap data masing-masing. Ada hal yang dapat dilakukan juga untuk melindungi data dari penyusup dengan diimplementasikannya firewall pada masing-masing perangkat individu.

 

REFERENSI :

Ø  https://www.gamelab.id/news/124-mengenal-lebih-dalam-apa-itu-cyber-security

Ø  https://www.hipwee.com/sukses/peluang-kerja-cyber-security/

 

_________________________________________________________________________

Alfadin Hauqala zaelani ( 1303174027)

Internet of Things (IoT) for Saving Energy

Energi saat ini sangat diperlukan untuk menjalankan berbagai keperluan. Terutama dalam menjalankan aktivitas perekonomian, baik untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari maupun kebutuhan aktivitas produksi. Pertumbuhan dan sabilitas ekonomi tidak terlepas dari dukungan sektor industri. Namun dalam perkembangan industri, membutuhkan banyak energi. Sumber energi khususnya di Indonesia masih mengandalkan energi fosil (minyak bumi) yang suatu saat akan habis jika tidak ada manajemen energi yang baik. Produksi  minyak  bumi  selama  10  tahun  terakhir  menunjukkan  kecenderungan  menurun, dari 346 juta barel (949 ribu bph) pada tahun 2009 menjadi sekitar 283 juta barel (778 ribu bph) di tahun 2018(Outlook Energi Indonesia 2019). Dengan demikian semakin menipisnya cadangan minyak bumi, namun semakin tingginya konsumsi energi menjadi ancaman yang akan mempengaruhi semua bidang khususnya perekonomian Indonesia. Sehingga harus dipertimbangkan lagi dalam perencanaan dan manajemen energi.

Perkembangan teknologi dari masa ke masa semakin pesat dan sangat berdampak ke semua sektor. Banyak aktivitas-aktivitas yang sudah digantikan dengan teknologi. Mulai dari aktivitas sehari-hari sampai aktivitas perindustrian. Pada masa kini, kita sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan teknologi digital dan otomasi yang saling terkoneksi menggunakan internet. Terdapat beberapa teknologi yang menjadi unsur utama dalam perkembangan era ini, salah satunya adalah Internet of Things (IoT). IoT merupakan suatu konsep yang menggabungkan barang fisik dengan internet dengan ditanami perangkat elektronik berupa sensor dan aktuator yang berkemampuan untuk mentransfer data melalui internet.

IoT sudah banyak digunakan berbagai bidang dalam menyelesaikan permasalahan. Salahsatunya untuk penghematan konsumsi energi. Perkembangan IoT menawarkan solusi pintar untuk manajemen energi bagi berbagai sektor industri. Aplikasi dari teknologi IoT pada sektor energi menumbuhkan perhatian khusus dari konsumen, bisnis, bahkan pemerintah. IoT memudahkan dalam manajemen energi yang dapat memberikan penghematan dan meningkatkan efisiensi. Dikutip dari artikel website digiteum.com yang berjudul “Internet of things Energy Management”, berikut manfaat yang diberikan pada pengaplikasian IoT:

·         Mengurangi pengeluaran energi,

·         meminimalkan emisi karbon,

·         memenuhi batasan pemerintah,

·         mengintegrasikan green energy,

·         pengoptimalkan pemeliharaan aset,

·         mengotomatiskan proses,

·         memotong biaya operasional,

·         mendapatkan visibilitas untuk penggunaan energi,

·         mengidentifikasi kerusakan pada waktunya dan mencegahnya,

·         efektif mengurangi masalah pemadaman, kecelakaan, pemadaman listrik,

·         prediksi konsumsi dan pengeluaran dan perencanaan dengan tepat.

 

https://www.youtube.com/watch?v=JUwIC73uiIw

 

pada video tersebut, penggunaan IoT juga dapat melakukan monitoring secara real-time pada aset energi yang luas dengan akurasi data yang tinggi. Tidak hanya bisa melakukan monitoring, bisa juga menganalisa penggunaan energi yang dapat mempengaruhi pengeluaran biaya. Inovasi ini didukung dengan perkembangan teknologi cloud yang terintegrasi dengan internet dapat menghubungkan semua perangkat dan dapat diakses dengan mudah dari manapun dan kapanpun. Dan juga teknologi ini sangat fleksibel ketika akan diaplikasikan ke suatu keperluan lain.

 

Referensi :

·         https://www.youtube.com/watch?v=JUwIC73uiIw

·         https://www.digiteum.com/internet-of-things-energy-management

·         https://www.esdm.go.id/assets/media/content/content-outlook-energi-indonesia-2019-bahasa-indonesia.pdf

 

___________________________________________________________________________


Muhammad Farhan Setiaman

1303171082

WAWASAN GLOBAL TIK IT-41-GAB [MTD]

 

IoT di Bidang Industri

 

            Internet of Things (IoT) adalah sebuah infrastruktur jaringan yang dapat menghubungkan suatu alat atau perangkat keras ke dalam internet. Internet of Things (IoT) banyak dipergunakan di sector komersil dan penggunaan rumahan. Industrial Internet of Things (IIoT) adalah Internet of Things (IoT) yang digunakan khusus dalam kebutuhan sector industry seperti manufaktur, supply chain monitoring, dan sistem management. Secara konsep Internet of Things (IoT) dan Industrial Internet of Things (IIoT) mempunyai karakter alat yang sama akan tetapi memiliki perbedaan di dalam sistem data manajemennya. Industrial Internet of Things (IIoT) memiliki data manejemen yang lebih baik dan aman di bandingkan dengan Internet of Things (IoT) biasa dikarenakan jumlah data yang dipakai sangat besar dan berkaitan dengan nilai value yang lebih mahal. Contoh dari penggunakan dari Industrial Internet of Things (IIoT) adalah smart parkir (otomasi sistem parkir terstruktur), smart waste and recycling (otomasi pemisahan jenis sampah yang bisa di daur ulang), pengiriman logistic.



https://www.kelltontech.com/kellton-tech-blog/how-iot-evolving-industrial-sphere

Referensi :

[1] https://www.youtube.com/watch?v=6MN0xRJ3yzE

[2] https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-internet-of-things-iot-defenisi-manfaat-tujuan-dan-cara-kerja/

[3] https://www.kelltontech.com/kellton-tech-blog/how-iot-evolving-industrial-sphere


___________________________________________________________________________________

Nama: Ade Irfan Wahyudin

Nim: 1303174092

Augmented Reality

Pokemon Go sempat tenar di tahun 2016 di Indonesia maupun dunia dikarenakan Augmented Reality (AR), yang mana memungkingkan interaksi lingkungan virtual di dalam game dengan dunia nyata.

Lalu apa itu Ar?



Ar atau Augmented reality adalah teknologi yang mampu mengubah persepsi realitas yang kita miliki ke kedunia nyata dengan cara menyisipkan tampilan yang dihasilkan computer

Seperti gambar diatas, dimana tanpa menggunakan AR, dunia nyata yang ditangkap disitu hanyalah ruang kosong tanpa apapun setelah menggunakan AR Nampak gambar meja dan kursi disana,

Ada 4 jenis Augmented reality saat ini

1.Marker Based AR

AR berbasis penanda.beberapa orang menyebutnya image recognition, karena membutuhkan object khusus dan kamera untuk menscanya. seperti QR kode yang ketika dipindai berubah menjadi tanda khusus,

2. Markerless Based AR

Diketahui juga sebagai location base atau position based augmented reality, Ar ini membutuhkan perangkat yang menggunakan GPS, kompas, giroskop, dan akselerometer untuk menyediakan data berdasarkan lokasi pengguna. Contohnya seperti game pokemon go tadi, yang mana kita datang ke suatu tempat untuk mencari pokemon, disini peran alat seperti gps, kompas, giroskop bekerja dengan menempatkan pokemon disuatu titik lokasi sehingga ketika datang ke tempat yg ada pokemonya maka pokemon akan terlihat di kamera.

3. Projection based AR

AR tipe ini akan memproyeksikan cahaya sintetis ke permukaan fisik, ar ini sangat popular dalam turnamen besar game DOTA 2 dimana hero di dalam game di proyeksikan muncul di depan orang yang memilihnya.


4. Superimposition-based AR

Mengganti tampilan asli dengan augmented, seluruhnya atau sebagian.



Device AR

Berikut beberapa contoh perangkat yang mampu menggunakan AR: Mobile devices seperti sparthphone, Spesial AR device yang mana ini adalah perangkat yang di desain khusus untuk menjalankan AR, smartglass seperti google glass.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=k5OZm4--PXc (video yang di review)

https://www.youtube.com/watch?v=YYV8k0LblII

https://thinkmobiles.com/blog/what-is-augmented-reality/

_____________________________________________________________________

Nama   : Rizki Kurniawan

NIM    : 1303170070

 

Internet of Things Pada Sektor Pertanian

Dengan meningkatnya adopsi Internet of Things (IoT) dalam berbagai sektor, Sektor pertanian pun telah memiliki sejumlah transformasi teknologi dalam beberapa dekade terakhir, sehingga menjadi lebih bersifat industri dan tentunya digerakkan oleh teknologi. Dengan menggunakan berbagai gadget untuk smart farming, petani akan mendapatkan kontrol yang lebih baik atas proses pemeliharaan ternak dan menanam tanaman, sehingga menjadikannya lebih mudah diprediksi dan efisien.

Sebelum kita jauh lebih membahas IoT pada pertanian, tentunya kita harus mengerti apa itu Internet of Things (IoT) ?

Internet of Things (IoT) adalah konsep di mana objek tertentu yang memiliki kemampuan ketika mentransfer data melalui jaringan tanpa adanya interaksi dari manusia dengan manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer.

Keuntungan adanya IoT adalah  sebagai berikut:

1. Data : dimana informasi yang diperoleh semakin banyak membuat data yang diperlukan juag banyak  pula, Untuk itu kita perlu sebuah sistem yang dapat mengecek data tersebut dengan cepat dan tepat)





Image Source : whizlabs

2. Waktu : dengan adanya sistem waktu pengerjaan tentunya akan lebih cepat dengan hasil yang memuaskan juga)

3. Biaya : dengan adanya sistem tanpa adanya bantuan manusia ini, tentunya dapat dengan mudah diatur dan dapat menggantikan pekerjaan manusaia, sehingga tidak memerlukan biaya yang banyak untuk biaya gaji pegawainya cukup dengan biaya operator mesin saja.

 

Adapun, kekurangan adanya IoT adalah sebagai berikut:

1. Harus Sesuai : Ketika sistem yang digunakan tidak sesuai dan mengalami kerusakan, maka kita harus membeli pada vendor yang sama untuk menggantikannya.





image Source : ibm

2. Memiliki Celah Keamanan : Semua perangkat dan program komputer yang dijalankan pasti akan memiliki celah keamanan sehingga banyak perangkat IoT yang akan dihack oleh orang lain dan dijadikan botnet untuk melakukan serangan tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga untuk mengamankan perangkat IoT.



image Source : blogspot

 

Apa itu smart farming?

Smart parking merupaka sebuah hasil inovasi untuk menunjukkan penerapan solusi IoT dalam pertanian. Meskipun IoT smart farming, serta IoT industri, tidak sepopuler perangkat yang terhubung dengan konsumen, tetapi pasarnya masih sangat dinamis dan adopsi solusi IoT untuk pertanian akan terus tumbuh

 

Manfaat Smart Farming : Bagaimana IoT Membentuk Agriculture

Teknologi dan IoT berpotensi mengubah pertanian dalam banyak aspek. Yaitu, ada lima cara IoT dapat meningkatkan pertanian:

1. Data, banyak data yang dikumpulkan oleh sensor smart farming

2. Kontrol yang lebih baik atas proses internal dan akibatnya dapat menurunkan risiko produksi

3. Manajemen biaya dan pengurangan limbah berkat peningkatan kontrol atas produksi

4. Peningkatan efisiensi bisnis melalui proses otomatisasi.

5. Kualitas dan volume produk ditingkatkan

Review terhadap video



Smart farming (pertanian pintar) adalah metode pertanian cerdas berbasis teknologi. Contohnya platform yang disambungkan dengan perangkat teknologi seperti tablet atau handphone dalam pengumpulan informasi pertanian. Dengan adanya sistem tersebut maka akan didapatkan sebuah data yang akurat dan juga memerlukan waktu yang efisien pula.

Referensi :

1. https://toghr.com/kelebihan-dan-kekurangan-iot/

2. https://forbil.org/id/article/237/internet-of-thing-iot-dan-sektor-pertanian

3. https://www.youtube.com/watch?v=Twxtiex_8Rw berjudul “Smart Farming : Era Digitalisasi Pertanian”.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Information Technology In Telkom University